Cerita Jaka Tarup Full Humor

Kirun (tengah) dan bintang tamu Marwoto (kanan) tetap menjadi daya tarik utama dengan bayolan-banyolannya yang segar. (Foto dok. TBJT)

Bila mengikuti cerita legenda Jaka Tarup, orang pasti akan terbayang dengan kisah serius yang mengharu biru, penuh luapan perasaan. Bagaimana tidak? Karena cerita Jaka Tarup biasanya berakhir dengan kesedihan yakni dengan kembalinya sang Bidadari Nawangwulan ke kahyangan karena telah menemukan kembali selendang yang disembunyikan oleh Jaka Tarub. Jaka Tarub ditinggali bayi yang harus dipeliharanya tanpa seorang ibu.

Itu bila terjadi di cerita ketoprak dengan lakon serius, tapi bila dilakonkan dalam cerita ketoprak versi humor tentu saja mengundang gelak tawa yang tiada habisnya mulai awal sampai akhir. Taman Budaya Jawa Timur dalam acara Pergelaran Teater Tradisi 27 Februari 2021, menyiarkan secara langsung tayangan ketoprak dengan lakon “Jaka Tarup”. Grup yang tampil pada tayangan daring itu adalah Ketoprak Padski (Pedepokan Seni Kirun). Bertempat di markas Padski di Balerejo Madiun pergelaran disiarkan secara live melalui chanel Youtube Cak Durasim milik Taman Budaya Jawa Timur.

Para bidadari kahyangan dalam cerita ketoprak humor dengan lakon “Jaka Tarup”. (Foto dok. TBJT)

Turut menyemarakkan pergelaran bintang tamu asal Yogyakarta “Marwoto”. Bintang kondang asal Yogyakarta itu memang berangkat dari kesenian tradisi sehingga dengan cepat beradaptasi dalam cerita Jaka Tarup yang disutradai oleh Kirun sendiri selaku pimpinan Padski. Pamor Kirun dan Marwoto sebagai pelawak kondang tak bisa dipungkiri masih menjadi daya tarik utama pada pergelaran ketoprak humor ini.

Taman Budaya Jawa Timur sebagai salah satu instansi pemerintah yang menangani bidang seni pertunjukan hingga hari ini masih belum bisa menayangkan pertunjukan secara live dengan mendatangkan penonton ke gedung pertunjukan. Semuanya dikarenakan adanya pancemi covid-19 yang belum dinyatakan normal kembali hingga saat ini oleh pemerintah. (san)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.