Konser Karawitan Anak Indonesia

Gandrung Arum Penyaji Terpilih

JAKARTA: Sanggar Tari Gandrung Arum dari Banyuwangi yang mewakili provinsi Jawa Timur dalam Konser Karawitan Anak Indonesia (KKI) 2018 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta (25-27/10) berhasil meraih predikat 5 Penyaji Terpilih Tanpa Jenjang. Acara ini diikuti oleh 29 kelompok peserta dari 29 provinsi seluruh Indonesia dalam kelompok usia 7-12 tahun

Diperkuat oleh 12 pemusik, mereka membawakan komposisi musik yang berjudul “Golek Ilmu” (Mencari Ilmu) dengan penata musik Suko Prayitno dan Sabar,M.Sn serta penata artistik Edi Ahmad. Karya ini merupakan ungkapan keceriaan anak dalam bermain musik. Mencari ilmu  melalui musik tradisi Banyuwangi diharapkan mampu memperkuat karakter anak dengan berbasis seni musik.

Kepala UPT Laboratorium, Pelatihan dan Pengembangan Kesenian (LPP Kesenian) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Efie Widjajanti, S.Sos, M.MPd menjelaskan, keberhasilan kali ini merupakan kebanggaan tersendiri karena Sanggar Tari Gandrung Arum ini sebetulnya bukan juara pertama dalam Lomba Karawitan Pekan Seni Pelajar Jawa Timur tahun 2017 di Kediri.

Dewan Pengamat acara ini terdiri dari Gilang Ramadan (musisi), Jabatin Bangun (etnmusikolog), Suhendi Afryanto (composer), Embi C. Noer (komponis) dan Bens Leo (pengamat musik).

Dalam pengumuman yang dibacakan Sabtu 27/10) pemenang selengkapnya adalah:

5 (lima) Penyaji Terpilih: Provinsi Bengkulu; Provinsi Nusa Tenggara Timur; Provinsi Jawa Timur; Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Bali.

5 (lima) Pemusik Terpilih: Provinsi Jambi; Provinsi Kalimantan Utara; Provinsi DKI Jakarta; Provinsi Riau dan Provinsi Aceh. 10 (sepuluh) Penata Musik Terpilih: Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Maluku, Provinsi  Papua, Provinsi  Sulawesi Utara, Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.