PEDOMAN PELAKSANAAN PARADE TEATER JAWA TIMUR TAHUN 2020

A. PENDAHULUAN

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Taman Budaya yang berfungsi sebagai pusat aktivitas dan kreatifitas dalam berbagai bentuk kesenian dan kebudayaan. Baik sebagai pihak penyelenggara pergelaran (event), pameran, pusat pelatihan seni, sekaligus fasilitator berbagai bidang kegiatan kesenian yang ada pada masyarakat. UPT. Taman Budaya dalam implementasinya juga menjadi rumah kedua bagi kreator seni budaya, karena di tempat inilah para seniman dan budayawan dapat mengapresiasikan karya-karyanya.

UPT. Taman Budaya didukung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam hal ini Direktorat Jenderal Kebudayaan, fokus pada pola kegiatan gelar seni yang menampilkan berbagai potensi seni budaya dan jenis kesenian yang masih berkembang di masyarakat utamanya yang ada di Jawa Timur yakni, melakukan pendampingan dalam proses pengemasannya. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya reaktualisasi dan representasi kekayaan seni budaya yang masih ada, sekaligus mengapresiasikannya kepada masyarakat luas. Sesuai dengan visi Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yaitu: “Terwujudnya Taman Budaya terpercaya dan terdepan dalam melestarikan, mengelola, dan mengembangkan seni budaya yang ada di Jawa Timur”. Maka dalam setiap tahun, selain menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pergelaran dan pameran yang memiliki pola dan materi yang bersifat rutin, kami juga memiliki beberapa agenda kegiatan yang bersifat khusus dan salah satunya ialah, Parade Teater Jawa Timur.

Kegiatan Parade Teater Jawa Timur tahun 2020 ini akan diikuti oleh kelompok-kelompok teater dari berbagai daerah di Jawa Timur yang telah mengajukan diri, melalui video karya yang dikirim oleh kelompok atau group teater dan kemudian akan dilakukan seleksi oleh Kurator yang telah di tunjuk.

Teater adalah ciptaan manusia, seiring kemajuan zaman, maka tidak menutup kemungkinan akan disertai dengan perubahan dan perkembangan cara manusia dalam menyikapinya, begitu juga yang tampak dalam pengemasan teater pada masa pandemic covid-19 ini, teater tetap berusaha eksis agar tidak ditinggalkan oleh penontonnya. Oleh sebab itu, seniman teater rasanya perlu, melakukan suatu terobosan kreatif dan inovatif dalam setiap penciptaan karyanya. Terutama dalam situasi dan kondisi seperti saat sekarang ini, dimana seluruh masyarakat termasuk seniman, diharapkan bisa beradaptasi dengan tatanan sosial baru,

Pertunjukan Kesenian di Era New Normal

UPT. Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, tetap memberi solusi atas situasi dan kondisi yang terjadi yakni, menciptakan ruang untuk menemukan hal kreatif dan inovatif “melalui panggung virtual”. Maka Parade Teater kali ini, memberikan tawaran kepada para kreator untuk menggunakan, Sosial media seperti youtube, sebagai panggung, yang akan menampilkan karyanya secara live stream (siaran langsung) atau taping (siaran tunda). Sehingga yang diharapkan, tetap terwujud kualitas keaktoran, tata busana, tata cahaya, setting artistik, naskah lakon dan gaya penyutradaraan yang bisa ditawarkan untuk mewujudkan totalitas dalam segala aspek penciptaan melalui teater virtual.

Konsep sajian dalam setiap penggarapan juga diupayakan memiliki, atau ada unsur tradisi yang diolah, disertakan atau dikemas dalam bentuk garapan. Sebab yang menjadi harapan dari Parade Teater Jawa Timur 2020 ini ialah, totalitas dalam segenap bentuk penggarapan yang terlihat, terdengar dan terasa oleh penonton secara live stream tanpa kehilangan “identitas”. Sehingga masing-masing kelompok tetap bisa menyajikan pertunjukkan yang dinamis, harmonis dan tidak monoton atau “membosankan”. Penciptaan konsep dan naskah atau penulisan naskah baru juga diperbolehkan dalam Parade Teater Jawa Timur Tahun 2020 ini. Oleh karena itu, potensi-potensi yang dimiliki setiap group teater yang ada di Provinsi Jawa Timur, hendaklah bisa memberikan sumbangsih keunikan dalam setiap perkembangan penciptaan, baik itu secara kemasan, penulisan naskah teater, maupun bentuk pertunjukan teater, di Indonesia pada umumnya, dan di Jawa Timur pada khususnya.

B. NAMA KEGIATAN

Parade Teater Virtual Jawa Timur Tahun 2020

C. TEMA KEGIATAN

Melalui Parade Teater ini, mengkukuhkan dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Merespon situasi dan kondisi yang terjadi, dan yang bergejolak di masyarakat, untuk memberikan motivasi dalam pembangunan mental survive, memperkuat watak dan karakter dalam Berbangsa dan Berbudaya. Sehingga Seni menjadi sarana pengetahuan dan menjadi sarana keindahan di dalam kehidupan.

D. MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Mendorong karya-karya seni teater yang kreatif, inovatif dan memiliki kedalaman nilai.
  2. Membangun ruang ekspresi dan apresiasi bagi pelaku seni teater dan masyarakat penikmat.
  3. Memperkuat jejaring dan sinergi antar pelaku seni dan stakeholder dalam membangun kehidupan seni yang lebih baik.
  4. Meningkatkan dan menggali ide-ide baru, bentuk “baru” proses dan penciptaan karya “baru” yang berkualitas dan di tampilkan melalui media yang baru (Teater Virtual).
  5. Sebagai salah satu wujud Taman Budaya dalam fungsinya sebagai pelestarian, pengembangan dan penyebarluasan produk karya seni.

E. PENYELENGGARA

Parade Teater Tahun 2020 diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Taman Budaya didukung, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

F. PESERTA

Peserta Parade Teater Tahun 2020 adalah 6 (enam) Group Teater yang ada di Jawa Timur yang dipilih melalui seleksi naskah, konsep garap dan video karya dalam bentuk PEMENTASAN. akan dinilai oleh Tim Kurator dan Dramatur.

G. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Parade Teater Virtual Tahun 2020 dilaksanakan pada:

Hari : Senin s/d Sabtu; Tanggal : 12 s/d 17 Oktober 2020 (Melalui Youtube cak durasim); Pukul : 16.00-17.00 WIB; Tempat : UPT. Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Jalan Gentengkali No. 85 Surabaya Telp. 031-5342128; Email : dokblistbjt85@gmail.com

H. MATERI DAN KETENTUAN TEKNIS

Materi Parade Teater Tahun 2020 Adalah:

  1. Paket garapan seni teater yang boleh menggunakan pendekatan atau mengambil spirit teater tradisi. Tentu saja yang telah di garap dengan matang.
  2. Naskah bisa berdasarkan karya sendiri atau naskah orang lain.
  3. Garapan/Sajian pertunjukan, tetap memperhatikan batas-batas norma yang berlaku, tidak diperkenankan menyakiti pihak manapun dalam bentuk SARA.
  4. Durasi 15 menit.
  5. Musik iringan menggunakan musik langsung (hidup) dan peralatan disiapkan sendiri oleh masing-masing penyaji atau peserta.
  6. Jumlah tim masing-masing grup maksimal 15 orang sudah termasuk Sutradara.
  7. Kreatif, inovatif, originalitas serta totalitas actor dan pendukung lainnya berupa artistik pertunjukan yang disajikan dalam video, menjadi poin penting dalam penilaian.
  8. Pementasan akan disaksikan melalui live stream Youtube

I. FASILITAS PERTUNJUKAN

  1. Bagi 6 (enam) yang terpilih seleksi, diberikan bantuan dana produksi penciptaan karya.
  2. Bagi 6 (enam) Karya terpilih akan direkam di UPT. Taman Budaya.
  3. Tata suara (sound system) dan tata cahaya (lighting) disiapkan oleh panitia.

J. PELAYANAN PANITIA

  1. Akomodasi disediakan untuk masing-masing peserta selama rekaman di Gedung Cak Durasim.
  2. Konsumsi peserta akan diatur oleh Panitia berdasarkan jumlah anggota yang terlibat.

K. PENGIRIMAN VIDEO, KONSEP DAN NASKAH:

  1. Format : Vidio – MP4, Konsep dan Naskah dalam bentuk PDF.
  2. Terakhir Pengiriman Data : Tanggal 20 September 2020 (data dikirim melalui tautan Google Form yang disediakan panitia tercantum caption medsos Cak Durasim).
  3. Pengumuman Hasil Seleksi : Tanggal 21 September 2020 (Melalui Email Peserta).
  4. Perekaman Vidio : 6 karya terpilih akan diundang untuk perekaman di UPT Taman Budaya, Jl.Gentengkali No. 85 Surabaya pada tanggal : 5 sd. 6 Oktober 2020.
  5. Seluruh peserta yang telah mendaftar seleksi bersedia mengikuti Dialog Teater melalui Aplikasi Zoom, tanggal 8 Oktober 2020 pukul 15.00 sd. 17.00 WIB.

L. LAIN-LAIN

  1. Bagi group yang terpilih wajib mengirimkan data berupa foto, naskah, sinopsis dan susunan tim produksi paling lambat diterima panitia pada tanggal 30 September 2020.
  2. Peserta dimohon untuk mengirimkan foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas diri lain yang berlaku dan diserahkan kepada panitia ketika lolos seleksi sebanyak 15 orang (1 tim).
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Mamik Suryani, S.Sn. Tlp.WA. 095257002075.

Sanjoto Prijo Djatmiko

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.