Seputar Pameran Virtual Harmoni Seni Rupa Jatim II “The Rise” (Ulasan Kurator Syarifudin)

Syarifudin (foto dok. TBJT.)

Pameran Harmoni Jawa Timur adalah pameran yang menggunakan media virtual, sebagai bentuk upaya  dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, melalui UPT Taman Budaya Jatim, untuk  bekerjasama dengan perupa dalam memajukan Iklim Kesenian dan Kebudayaan, khususnya Seni Rupa.

Pada penyelenggaraan Tahun pertama, pemerintah Provinsi Jatim bekerjasama dengan Pasar Seni Lukis juga menggunakan platform virtual. Kita ketahui bersama bahwa platform ini digunakan sebagai tanggapan terhadap situasi covid-19 yang terus merebak dan membatasi pertemuan secara langsung. Platform digital menjadi solusi di tengah situasi ini.

Pameran ini diikuti oleh perupa profesional dan perupa debutan. Profesional dalam konteks ini adalah mereka yang telah memiliki pengalaman pameran yang diundang khusus galleri-galeri profesional. Sedangkan perupa debutan adalah perupa yang berkarya, namun belum masuk dalam pentas-pentas khusus seperti yang telah dilakukan seniman profesional. Pameran ini senantiasa memberikan ruang dan kemungkinan peluang bagi perupa profesional maupun perupa debutan.

Pemilihan peserta pameran ini juga memberi ruang bagi perupa-perupa perempuan dan juga perupa difabel. Semoga dikemudian hari  pemerintah dapat memberikan ruang-ruang yang lebih luas bagi perupa perempuan dan perupa difable untuk melakukan berbagai aktifitas kesenian.

Sebagai ulasan bagi proses ini perlu kami ketengahkan bahwa. Penggunaan platform digital, seperti yang telah disyarankan dan didorong oleh Gubernur Jawa Timur dengan segala kesempatannya. Namun, masih memerlukan peningkatan-peningkatan khusus dalam hal literasi digital. Mulai dari pengolahan data hingga pendistribusian data digital. Kedua proses ini menjadi sangat krusial di tengah situasi dimana platform digital mulai memasuki arus utama dalam hal distribusi prosuk seni dan budaya. (spd)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.