TeraSharing Art Exhibition

Pameran Seni Rupa Mahasiswa Semester VIII Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Program Studi Pendidikan Seni Rupa, sebagai Tugas Akhir Mata Kuliah Manajemen Pameran di Galeri Prabangkara Taman Budaya Jatim, 24-26 Juni 2019

Salah satu karya yang dipamerkan
Foto dok./TBJT

Beragam karya seni yang dihadirkan pada pameran “TeraSharing Art Exhibition” merupakan karya Tugas Akhir Mahasiswa semester VIII Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pameran dikemas dengan nuansa akademis dan bersifat edukatif. Pameran Tugas Akhir menjadi penting mengingat persiapannya yang panjang, seminimal 3,5 tahun dan selebihnya selama mereka belajar di Kampus. Pameran yang diikuti oleh 32 perupa muda ini juga sebagai upaya apresiasi kerja institusi seni sekaligus tawaran lain untuk menampilkan karya seni kepada publik secara lebih luas.

Karya para mahasiswa yang tidak kalah dengan seniman lukis proesional. Foto dok./TBJT.

Banyak dari perupa yang terlibat dalam pameran ini telah merintis karir kesenimannya di saat kuliah. Para mahasiswa seni sudah identik dengan kerja, kuliah seni bukan dalam rangka persiapan menuju dunia kerja. Tugas mereka ketika kuliah dan lulus barangkali sama, yaitu membuat karya seni. Aktivitas kreatif yang lebih mudah diapresiasi lingkungan sekitarnya, seringkali membuat mahasiswa jauh lebih sibuk dari dosennya, lebih menerima banyak proyek ketimbang gurunya. Bahkan para seniman masih punya sebutan khusus, tentang “bekerja atau berkarya”, “bekerja untuk dirinya atau orang lain”, “bekerja sekaligus berkarya” meski kesemuanya masih dalam lingkup aktivitas berkesenian.

Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan yang wajib ditempuh oleh para mahasiswa, hal tersebut karena terkait dengan mata kuliah Manajemen Pameran. Adapun karya-karya yan dipamerkan adalah produk dari mahasiswa semester VIII dengan kriteria jenis karya seni diantaranya, seni kriya kerajinan, lukisan, patung dan karya seni yang diproduksi selama kuliah. Wacana seni rupa dalam medan sosial terus bergulir dari waktu ke waktu, terkait dengan berbagai tawaran bahasa visual maupun pemikirannya. Hal ini tidak terlepas dari upaya pelaku seni rupa serta event-event pameran karya seni rupa dengan dukungan pola manajemen yang tertata serta termediasikan dengan baik. Sekaligus menjadi pikiran mahasiswa sebagai penyelenggaraan pameran agar dapat meningkatkan daya apresiasi masyarakat terhadap pengembangan karya seni rupa dewasa ini. Sebagai wujud aplikasi mata kuliah Manajemen Pameran dituntut untuk menyajikan karya-karya yang lebih selektif. Di sisi lain fakta kontekstual kegelisahan terhadap goncangan krisis ekonomi global disaat memasuki gelombang keempat peradaban, yang ditandai dengan pemberdayaan Ekonomi Kreatif, serta menyongsong Industry Kreatif 4.0.

Karya seni instalasi.
Foto dok./TBJT.

Pameran ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih untuk meningkatkan, memperluas dan merangsang pemahaman sebagai ruang proses belajar berkesenian untuk mendapatkan pengetahuan yan komprehensif khususnya tentang karya seni rupa yang dihasilkan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adibuana Surabaya.(san)

Sanjoto Prijo Djatmiko

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.