Workshop Seni Tradisi Seni Arak-arakan

SUMENEP: Menyongsong kegiatan Jatim Specta Night Carnival yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2018 mendatang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Workshop Seni Tradisi tahun 2018 dengan tema “Seni Arak-Arakan Jawa Timur” di Sumenep selama dua hari (3-4/9).

Kepala Seksi Pengembangan Kelembagaan Budaya Disbudpar Jatim, Pramuka Atmaji, menuturkan bahwa acara ini dimaksudkan agar karnaval yang nantinya juga akan diselenggarakan di Sumenep tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan konsep penyelenggaraannya. Sebagaimana diketahui, karnaval yang sudah dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali itu berlangsung malam hari sehingga dibutuhkan kiat khusus bagi peserta agar dapat tampil maksimal.

Sebanyak 4 (empat) narasumber dihadirkan dalam workshop kali ini untuk memberikan wawasan tentang Seni Arak-Arakan Jawa Timur. Materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu “Penataan Arak-arakan (Teknik Penyajian) oleh Heri Lentho Prasetyo;  “Penataan Artistik” dengan narasumber Nanang Moechsinin alias Nanang Gabus;  “Desain Tata Rias dan Busana” oleh Subari Sofyan, dan materi keempat adalah “Estetika Keraton/kadipaten dalam Perspektif Kesejarahan Jawa Timur” dengan narasumber  sejarawan Adrian Perkasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.