Gelar Seni Budaya Periodik 2018

GELAR SENI BUDAYA DAERAH
Gelar Seni Budaya Daerah adalah berupa sajian seni pertunjukan daerah (tari, musik teater tradisi, Upcara Adat, dll) dilengkapi dengan pameran industri kreatif berbasis seni budaya dan potensi unggulan daerah, kuliner maupun pariwisata daerah dan acara-acara penunjang lainnya, sehingga selama acara berlangsung dapat tercipta suasana dan nuansa daerah tersebut, sekaligus progam promosi dan unjuk kreasi seni budaya kabupaten/kota di Jawa Timur dan pada tahun ini ada 10 (sepuluh) kabupaten yang tampil yaitu Kab. Nganjuk, Kab. Lumajang, Kab. Trenggalek, Kab. Magetan, Kab. Ponorogo, Kab. Banyuwangi, Kab. Ngawi, Kab. Tulungagung dan Kab. Kediri.

WAYANG KULIT
Pergelaran Wayang Kulit yang dimaksud adalah suatu bentuk sajian pakeliran semalam suntuk yang telah digarap rupa dengan babon cerita Ramayana dan Mahabarata atau lakon carangan, gaya pakeliran Surakarta atau Jawa Timuran disajikan secara menarik dan berkualitas. Tahun ini menampilkan 5 (lima) dalang terbaik Jawa Timur dengan melalui kurasi yang selektif, sekaligus disamping sebagai ajang untuk lebih mengenalkan potensi dalang-dalang muda agar bisa memberikan sajian yang berkualitas juga sebagai ajang untuk mengekspresikan kreatifitas yang seiring dengan kemajuan jaman.

SENI PERTUNJUKAN TEATER TRADISI
Pergelaran Seni Pertunjukan yang dimaksud adalah suatu bentuk sajian dalam Kemasan Teater Tradisi (Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang dan Janger) yang telah digarap sedemikian rupa sehingga menjadi sajian yang menghibur, mendidik dan mencerahkan bathin. Dipergelarkan di Taman Budaya Jawa Timur sebanyak 5 (lima) paket pergelaran dan Taman Krida Budaya Jawa Timur di Kota Malang sebanyak 8 (delapan) paket pergelaran, acara ini sekaligus bertujuan melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan seni teater tradisi ang menggambarkan kekentalan budaya lokal dari masing-masing daerah agar bisa menjadi tontonan sekaligus tuntunan yang bekualitas.