Sarasehan Pedalangan 2021

Bulan puasa tahun 2021 tidak menghalangi penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan di Taman Budaya. Kegiatan yang bersifat pertunjukan memang dihentikan untuk sementara, sebagai gantinya kegiatan sarasehan diselenggarakan. Bertempat di Pendapa Jayengrana UPT Taman Budaya pada Jumat 23 April 2021 kegiatan Sarasehan Pedalangan dilaksanakan. Acara dibuka oleh Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur Agus Ramajanto, S.Sos., M.M.

Materi yang dikupas dalam sarasehan tersebut adalah kritik tentang persoalan Festival Dalang Bocah yang disampaikan oleh 3 (tiga) narasumber yang sekaligus merangkap sebagai dewan juri festival. Diantaranya adalah: Nanang HP (PEPADI Pusat), Cahyo Kuntadi S.Sn., M.Sn., (dosen STSI Surakarta), Supriyanto, S.Sn. (guru jurusan pedalangan SMKN 12 Suarabaya). Dimoderatori oleh Bambang Dwi Sumanto S.Sn., M.Pd.

Pada sesi kedua pembicara yang tampil adalah Soekatno, S.Sn., M.M. dan Kukuh Prasetyo S.Sn. Mengupas tentang peran Persatuan Dalang Indonesia (PEPADI) Jawa Timur dalam perkembangan wayang ke depan. Bertindak selaku moderator bapak Ma’ruf. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama seluruh peserta dan panitia.

Sesi terakhir dilaksanakan setelah sholat tarawih dengan pembicara Kadisbudpar Jatim Sinarto, S.Kar., M.M. yang juga ketua PEPADI Jatim dan Drs. FX. Darmono Saputro, moderator bapak Ma’ruf. Materi yang dibahas masih seputar Peran PEPADI Jatim dalam perkembangan wayang ke depan serta wacana pergantian pengurus PEPADI Jatim yang akan menyelesaikan masa baktinya. (san)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.