Dagelan Pesonda Plus Bintang Tamu Kartolo Awali Pergelaran Offline di Gedung Kesenian Cak Durasim

Grup dagelan Pesonda asal Tretes Pasuruan, pentas di Gedung Kesenian Cak Durasim dengan mengusung cerita Travel Mletre. Ada yang menarik dari tampilan dagelan asal Tretes itu yakni bergabungnya bintang tamu Cak Kartolo maestro lawak ludrukan Jawa Timur. Pergelaran yang berlangsung di gedung kesenian Cak Durasim pada Jumat, 8 Oktober 2021 menampilkan bentuk pergelaran secara live menghadirkan penonton dengan jumlah terbatas. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kartolo, Sela dan Ndemo (foto dok.TBJT)

Dari kapasitas kursi gedung Cak Durasim yang 412 hanya boleh diisi 100 saja. Pembukaan pertunjukan secara live adalah uji coba yang diterapkan selama pandemi berlangsung. Pertunjukan juga disiarkan secara langsung di channel youtube Cak Durasim milik Taman Budaya Jawa Timur. Antusiasme penonton untuk menyaksikan pertunjukan di gedung lumayan mendapat sambutan. Dari 100 kursi yang disediakan dengan sistem daftar online melalui link milik Taman Budaya Jawa Timur, terjaring kurang lebih 80 penonton. Dan yang lebih menggembirakan lagi mayoritas penonton yang hadir adalah dari kelompok millenial.

Trevel Mletre mengisahkan tentang persoalan jasa travel wisata yang dijalankan selama musim pandemi. Dialog-dialog kocak dan bikin gerr penonton mewarnai jalannya pertunjukan. Tokoh Kartolo yang dipanggil abah dalam cerita menjadi pusat perhatian penonton selama pertunjukan. Jok-jok lucu yang dilontarkan Cak Kartolo seperti menjadi magnit. Para personel grup Pesonda terkesan kurang mampu mengimbangi kelucuan Cak Kartolo. Kesan sungkan dan segan terlihat dari para pesonel grup Pesonda ketika terjadi dialog. Mungkin karena mereka masih muda dan kalah senior sehingga terkesan hanya melengkapi saja.

Kartolo, Ndemo, Alfin (foto dok. TBJT)

Para pemain personel grup Pesonda diantaranya Marsela Tristanti berperan sebagai sales, Ndemo sebagai teman Abah yang diperankan Cak Kartolo dan Muhammada Alfin Haris sebagai pemilik travel. Secara keseluruhan penampilan cukup menarik, mengundang tawa dan menghibur. Selesai acara para penonton keluar melalui pintu yang telah disediakan dan melakukan scanning aplikasi peduli lindungi sebagai persyaratan protokol kesehatan yang diwajibkan. (san)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.