Kunjungan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Ke Taman Budaya Jawa Timur

Selasa, 27 Desember 2022, Taman Budaya Jawa Timur mendapat kunjungan rombongan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dipimpin langsung oleh Kelapa Dinas Pariwisata Kaltim Drs. Ahmad Herwansyah, M.Si. didampingi oleh empat orang pejabat eselon III dan IV. Rombongan disambut langsung oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.S., M.M. beserta jajarannya.

Pertemuan di ruang rapat membahas tentang program program Taman Budaya Jawa Timur yang bisa dijadikan bahan acuan di program kegiatan Dinas Pariwisata Kaltim (Foto dok. TBJT)

Maksud dan tujuan kunjungan dari rombongan Dinas Pariwisata Kaltim ke Taman Budaya Jatim adalah studi banding dan pengajuan kerjasama pertukaran duta seni yang akan diselenggarakan di tahun 2023 nanti. Sebelumnya dilakukan kunjungan ke beberapa tempat atau sarana pendukung kegiatan kesenian yang biasa diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur. Diantaranya Gedung Kesenian Cak Durasim, Galeri Prabangkara dan beberapa sarana lainnya.

Disamping studi soal sarana dan prasarana semua aset yang dimiliki oleh Taman Budaya Jawa Timur juga studi tentang program kegiatan yang menjadi tugas pokok fungsi Taman Budaya Jawa Timur. Pemaparan soal program kegiatan disampaikan oleh Kepala Taman Budaya Jatim Samad Widodo, S.S., M.M. dan disimak secara seksama oleh rombongan Dinas Pariwisata Kaltim.

Kunjungan ke Galeri Prabangkara melihat koleksi Seni Rupa milik Taman Budaya Jawa Timur (Foto dok. TBJT)

Di Taman Budaya Jawa Timur ada program pergelaran yang bersifat periodik, fasilitasi, kerjasama presentasi karya seni, seminar, sarasehan, diskusi, lokakarya, workshop dan peningkatan apresiasi seni budaya. Semua tugas pokok dan fungsi tersebut menjadi bahan kajian yang akan dipilih sekiranya sesuai akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan program kegiatan di Dinas Pariwisata Prov. Kaltim terutama di bidang-bidang yang menangani ekonomi kreatif.

Presentasi dilakukan oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur di ruang rapat melalui layar LCD. Disamping program kesenian yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur, bentuk-bentuk publikasi yang menyasar segmen anak-anak muda menjadi daya tarik utama yang selama ini luput dari garapan Dinas Pariwisata Kaltim. Pemanfaatan media sosial seperti youtube, instagram, facebook, tweeter dan website sebagai media publikasi kesenian masih belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Diakui oleh Kepala Dinas Pariwisata Kaltim bahwa kurangnya SDM yang menjadi penghambat utama pemanfaatan media sosial dan website tersebut.

Penyerahan cinderamata oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur kepada Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Foto dok. TBJT)

Dinas Kebudayaan Pariwisata Kaltim juga menjalin kerjasama dengan Taman Budaya Jawa Timur dengan mengundang tim kesenian Jawa Timur melalui Taman Budaya untuk mengisi acara moment kesenian yang diselenggarakan di Kalimantan Timur, ada tari, musik dan teater. Sebaliknya Dinas Pariwisata juga akan mengirim tim keesenian yang akan mengisi acara di beberapa acara yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur, tanggal dan waktunya akan disepakati bersama melalui kontak via telepon nantinya.

Di akhir acara dilakukan pemberian cinderamata oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.S., M.M. kepada Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur Drs. Ahmad Herwansyah, M.Si. Kepala Taman Budaya Jawa Timur mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya dan permintaan maaf atas kurang optimalnya sambutan yang bisa dilakukan karena pemberitahuan kedatangan yang terlalu mendadak. (sn)  

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

2 komentar pada “<strong>Kunjungan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Ke Taman Budaya Jawa Timur</strong>

  • 27 Desember 2022 pada 16:07
    Permalink

    Mantap jaya selalu Taman Budaya Cak Durasim

    Balas
    • 27 Desember 2022 pada 18:23
      Permalink

      Terima kasih….Semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang ingin belajar tentang kesenian di Jawa Timur

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.