Workshop Seni Lukis Remaja

Kegiatan workshop seni lukis dengan tema “Pesona Jawa Timur” terlaksana atas kerjasama antara Taman Budaya Jawa Timur dan SMKN 4 Surabaya Jurusan Desain Komunikasi Visual, yang dilaksanakan pada Jum’at, 26 April 2024 di Pendapa Jayengrana. Adapun tujuan kegiatan workshop adalah untuk memberikan wawasan dan keterampilan melukis bagi para siswa yang sangat berkaitan erat dengan jurusan di sekolah yang mereka tempuh. Bertindak selaku narasumber pada workshop ini adalah Drs. Subanu, ketua sanggar lukis Merak Ati Surabaya.

Sebelumnya peserta diajak mengapresiai Pameran Lukisan Anak Pesona Jawa Timur di Galeri Prabangkara (Foto dok. TBJT)

Kegiatan workshop ini menggunakan metode presentasi materi, demonstrasi, bimbingan, dan evaluasi. Adapun hasil workshop adalah karya lukisan dengan media pensil atas kertas 40 cm x 60 cm. Dengan memberikan kebebasan kepada peserta untuk melukis apa saja sesuai selera mereka. Peserta diberi waktu 1 jam untuk melukis obyek sesuai keinginan masing-masing dengan mengambil lokasi melukis di Pendapa Jayengrana dan sekitarnya.

Pembebasan obyek lukisan yang berbeda-beda dimaksudkan guna memantik imajinasi dan kreativitas peserta khususnya, dimana hal tersebut sangat penting dalam hubungannya dengan bentuk desain sebagai sarana komunikasi visual ketika mereka terjun ke tengah masyarakat sebagai desainer nantinya. Pendekatan desain yang diperkenalkan selama proses pembuatan lukisan dengan pensil, akan bermanfaat membentuk dasar atau pondasi dalam pendidikan desain yang ditempuh peserta di sekolah.

Peserta mengikuti penjelasan dari narasumber Drs. Subanu (Foto dok. TBJT)

Melalui lukisan hitam putih dengan alat pensil yang dihasilkan diharapkan bisa menjadi pembelajaran para peserta sebagai sebagai sarana latihan mengasah kemampuan membuat alat komunikasi yang dianggap efektif untuk profesi desainer. Disamping itu juga mengasah intuisi para peserta agar lebih peka. Intuisi terbentuk dari pikiran bawah sadar yang dengan cepat menyaring pengalaman serta pengetahuan masa lalu menjadi sebuah gagasan. Melalui gambar yang mereka lukis sampai sejauh mana mereka mampu mempertanggungjawabkan hasil cipta karya meraka sendiri. Mereka maju satu-persatu mempresentasikan hasil karya mereka kemudian dinilai oleh narasumber sekaligus dikoreksi hal-hal yang mungkin dianggap kurang pas oleh narasumber.

Peserta sedang membuat lukisan dari pensil diatas media kertas (Foto dok. TBJT)

Dipilih 3 karya terbaik dari peserta oleh narasumber kemudian mendapat apresiasi dan penghargaan dari Taman Budaya jawa Timur.  Walau hanya berlangsung singkat dan padat, diharapkan kegiatan ini dapat menstimulus peserta untuk mempelajari seni lukis lebih jauh lagi dengan harapan tak hanya sosok desainer saja yang menjadi tujuan peserta, tapi juga berharap munculnya generasi muda seniman lukis, khususnya di Kota Surabaya. (pr) 

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.