Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur 2019 “Kidung Katresnan Ing Bhumi Teranggalih” Kabupaten Trenggalek

Saksikan Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur 2019
“Kidung Katresnan Ing Bhumi Teranggalih” Kabupaten Trenggalek
Waktu : Jumat-Sabtu, 15-16 Maret 2019, pk 19.00 WIB
Tempat : Pendapa Jayengrana, UPT Taman Budaya Jawa Timur

Jl. Gentengkali 85 Surabaya
Gratis untuk umum

Kabupaten Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Trenggalek yang berjarak 180 km dari Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km² yang dihuni oleh ±700.000 jiwa. Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung sebelah selatan dengan Samudera Hindia dan sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.

Kabupaten Trenggalek dikenal dengan keindahan alamnya, selain itu berbagai kesenian berkembang di wilayah pesisir selatan Jawa tersebut. Salah satunya seni tari tradisional Jaranan Turonggo Yakso. Tari Turonggo Yakso merupakan kesenian asli Kabupaten Trenggalek. Awalnya kesenian ini berasal dari wilayah Kecamatan Dongko yang terletak di daerah pegunungan 30 kilometer arah selatan kota Trenggalek. Di wilayah tersebut, terdapat upacara adat ‘baritan’ yang hidup turun temurun. Hingga upacara itu menjadi sebagian dari kehidupan masyarakat yang ada diwilayah tersebut.
“Berawal dari upacara adat Baritan inilah, kesenian tradisional tari Turonggo Yakso di Kabupaten Trenggalek berdiri,” (Menurut Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Trenggalek, Joko Irianto).
Tari Turonggo Yakso merupakan kesenian asli kabupaten Trenggalek. Yang pada awalnya kesenian ini berasal dari ‘Baritan’ yaitu sebuah ritual yang dilakukan oleh masyarakat kecamatan Dongko sejak lama.

Kepada Masyarakat Pecinta Seni Budaya, Pemerhati Seni, Warga Trenggalek yang ada di seputaran Gerbang Kertasusila dan Masyarakat Surabaya dan sekitarnya dipersilahkan hadir untuk menyaksikan event budaya ini, tidak rugi anda datang, disamping menambah wawasan juga ikut serta menjaga kelestarian budaya leluhur kita. Dimeriahkan juga dengan pameran produk UMKM khas masyarakat Trenggalek, ada batik, makanan khas, promosi tempat wisata dll. Mencintai Budaya Anak Negeri Sama Dengan Menjaga Tegaknya NKRI… Salam Budaya! 🙏

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.