Festival Budaya Disabilitas 2023

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui Taman Budaya menyelenggarakan acara Festival Budaya Disabilitas 2023 pada Minggu, 3 Desember 2023 di Pendapa Jayengrana Taman Budaya Jawa Timur. Kegiatan tersebut adalah bentuk fasilitasi kesenian yang khusus ditujukan bagi para penyandang disabilitas sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Dan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas sebagaimana tercantum dalam pasal 49 dan 50.

Foto dok. okto TBJT

Menjadi kewajiban Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu komponen yang melakukan tugas pembinaan dan mengembangkan seni budaya bagi penyandang disabilitas sesuai minat dan bakat serta jenis dan/atau derajat kedisabilitasannya. Pembinaan dan pengembangan seni budaya dilakukan dengan cara menggali, mengembangkan, melestarikan, dan memanfaatkan seni budaya. Melalui Disbudpar UPT. Taman Budaya program tersebut bisa terealisasi dan mengambil tajuk “Festival Budaya Disabilitas 2023”.

Foto dok. okto TBJT

Penyelenggaraan acara bekerjasama dengan Istana Karya Difabel Surabaya. Adapun tema yang diusung pada Festival Budaya Difabel 2023 ini adalah “Berkarya Bersama Mewujudkan Kesetaraan”. Tujuan daripada penyelenggaraan acara ini adalah:

  1. Memberikan ruang bagi penyandang disabilitas dalam mengeksplor kemampuan dan kreatifitas mereka dalam berkesenian.
  2. Menumbuhkan dan memperkuat kreatifitas berkesenian bagi penyandang Disabilitas.
  3. Menjadi ruang publik untuk menunjukkan kepedulian pada kaum difabel.
  4. Mengimplementasikan ihtiar kesetaraan antar komunitas tanpa memandang kekurangan fisik.
  5. Menjadi forum pendidikan dan tukar pengalaman bagi keluarga yang memiliki anak difabel.

Peserta yang mengikuti Festival ini diantaranya: Para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Inklusi di Jawa Timur. Ada juga perwakilan dari dua kota yakni Bandung dan Surakarta. Jenis acara yang diselenggarakan diantaranya, pameran lukisan. Lomba mewarnai, pergelaran seni yang meliputi tari, musik dan pantomim.

Foto dok. okto TBJT

Festival Budaya Disabilitas 2023 yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jatim melalui Taman Budaya ini diharapkan menjadi wadah unjuk kebolehan para penyandang disabilitas bertalenta. Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa para penyandang disabilitas itu punya hak yang sama dengan non disabilitas untuk terlibat aktif dalam kehidupan bermasyarakat. (pr)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.