Berita

Festival Dalang Muda 2023

Wayang adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia, yang sudah ditetapkan oleh UNESCO pada 7 November 2003 sebagai situs warisan dunia yakni Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Karena begitu pentingnya kesenian wayang sebagai warisan nenek moyang kita yang sudah diakui dunia, Provinsi Jawa Timur selalu konsisten menyelenggarakan festival dalang mulai tingkat bocah, muda dan dewasa. Penyelenggaraan festival-festival tersebut konsisten diselenggarakan sejak tahun 1994, sehingga Jawa Timur menempatkan diri sebagai Provinsi yang paling konsisten menyelenggarakan festival dalang yang terus berkesinambungan hingga saat ini.

Penampilan salah satu peserta (Foto dok. TBJT)

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Taman Budaya bekerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Jawa Timur menyelenggarakan Festival Dalang Muda 2023. Penyelenggaraan dilaksanakan pada 8 – 9 November 2023 di Gedung Kesenian Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur. Proses seleksi peserta sebelumnya dilakukan oleh PEPADI Jatim melalui video yang dikirimkan oleh masing-masing peserta kepada panitia. Jumlah peserta yang mengikuti babak seleksi awal adalah 22 peserta, kemudian dipilih 10 peserta yang berhak tampil di Gedung Kesenian Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur. Dewan Pengamat yang ditunjuk untuk memberikan penilaian pada Festival Dalang Muda 2023 ini diantaranya: Blasius Subono S.Kar., M.Sn., Yohan SUsilo, S.Pd., M.Pd., Wejo Seno Yuli Nugroho, S.Sn., M.Sn.

Dari hasil pengamatan Dewan Pengamat yang ditunjuk maka ditetapkan bahwa dari 10 peserta Dalang Muda masing-masing menyandang predikat non rangking dengan urutan sebagai berikut:

Para Pemenang (Foto dok. TBJT)
  1. 3 (tiga) Dalang Catur Terbaik : Waskito Hadi Laksono (Kabupaten Lumajang), Kelana Ilham Firmansyah (Kabupaten Pasuruan), Ulung Dwi Santoso (Kabupaten Tulungagung).
  2. 3 (tiga) Dalang Sabet Terbaik : Pringgojati Rahmanu (Kabupaten Sidoarjo), Lambang Kurnia Pratama (Kabupaten Jember), Lutfie Zibahlul Aziz (Kota Batu)
  3. 4 (empat) Dalang Favorit : Legowo (Kabupaten Ngawi), Paksi Candra Wipatsu (Kabupaten Blitar), Ragil Yonatan Senopatining Gusti (Kabupaten Gresik), Novian Wahyu Sasongko (Kabupaten Tuban)

Penutupan sekaligus penyerahan penghargaan para pemenang dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Timur Drs. Benny Sampirwanto, M.Si. Dalam point sambutannya Benny mengatakan, bahwa melalui Festival Dalang Muda yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur pada 8 – 9 November 2023, diharapkan kegiatan tersebut bisa mengangkat warisan budaya kita yang lambat laun sudah tergeser oleh kemajuan teknologi yang instan. Kagiatan tersebut sangat didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur karena sangat berkaitan erat dengan Pemajuan Kebudayaan di Jatim. Peran PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) sebagai organisasi profesi independen yang beranggotakan para Dalang, Pengrawit, Swarawati, Pengrajin Wayang dan Perorangan yang memenuhi persyaratan tertentu menjadi sangat penting.

Penyerahan penghargaan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Timur Drs. Benny Sampirwanto, M.Si. kepada salah satu Dalang Muda Favorit (Foto dok. TBJT)

Menanamkan tradisi wayang pada generasi muda dengan baik dan benar akan sangat berpengaruh besar pada pembentukan kebudayaan di sebuah generasi. Festival ini merupakan sebuah inovasi yang mendidik generasi penerus untuk terus melestarikan warisan budaya bangsa. Tidak mudah menempatkan wayang ditengah-tengah jaman yang serba instant dengan teknologi yang serba canggih, khususnya buat generasi muda. (sn)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.