Berita

Pameran Karya Lukis  Seniman Madura 2024

Madura dengan segala potensi senimannya ternyata tak hanya seniman tradisi saja yang eksis. Para seniman rupa juga banyak bertebaran di pulau garam. Bertempat di Galeri Prabangkara Taman Budaya Jawa Timur, Madura Art Forum menggelar “Pameran Karya Lukis Seniman Madura” pada 10 – 16 Juni 2024. Diikuti oleh para perupa yang datang dari 4 kabupaten di Madura, diantaranya: Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Suasana pameran di Galeri Prabangkara (Foto dok. TBJT)

Tema yang diusung pada pameran ini adalah “Tompengan”. menurut ketua Madura Art Forum Hendri R. Sidik dalam istilah Madura “Tompengan” merupakan acara silaturahim para seniman yang tergabung dalam kelompok Madura Art Forum untuk bersama sama menyatukan rasa melalui karya Seni Rupa. Selain itu, tema “Tompengan” juga merupakan bentuk rasa syukur nikmat atas talenta yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada para perupa Madura. Maka melalui simbol TOMPENGAN, itu memohon keselamatan membuka jalan langit dan bumi untuk masa depan yang lebih baik serta Madura untuk Indonesia mendunia.

Pameran Pelukis Madura ini diikuti 44 seniman dari kabupaten Bangkalan, 15 orang dari Sampang, 5 orang dari Pamekasan, 11 seniman Sumenep dan 13 orang diantaranya ada pelajar SD SMP dan SMA yang menampilkan 59 karya lukis dan 2 karya instalasi performance art. Kegiatan pameran ini pendanaanya murni mandiri melalui swadaya para peserta dan panitia.

Demo seni instalasi oleh salah seorang perupa (Foto dok. TBJT)

Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan para perupa Madura semakin bergairah menyalurkan kreativitas melalui lukisan.  Terus memotivasi para perupa Madura untuk meningkatkan kualitas karyanya sebagai hasil proses kreatif, demi mendorong ekosistem seni lukis yang lebih kompetitif guna memperkaya ragam khazanah seni rupa Indonesia. (sn)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.