Selamatan Jelang Pergelaran Perdana Program Kegiatan Taman Budaya Jawa Timur 2023

Surabaya, Jum’at 10 Februari 2023, bertempat di Sawunggaling Hall Taman Budaya Jawa Timur diselenggarakan acara selamatan sebagai bentuk permohonan keselamatan dan kelancaran kepada Tuhan YME berkaitan dengan akan diselenggarakannya lounching pergelaran perdana yang akan diselenggarakan pada malam harinya yang akan diisi oleh grup Ludruk Bharada Surabaya.

Pemotongan tumpeng oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.S., M.M., yang kemudian diserahkan kepada Ki Johan Susilo (berkaos merah) sebagai bentuk syukur sekaligus permohonan keselamatan dan kelancaran kepada Tuhan YME. jelang pergelaran perdana yang akan diselenggarakan pada 10 Februari 2023 (Foto dok. TBJT)

Diikuti oleh seluruh pimpinan dan staff Taman Budaya jawa Timur beserta para calon pengisi acara pergelaran di Taman Budaya Jawa Timur selama tahun 2023 dan turut pula para seniman dan budayawan Jawa Timur. Acara yang cukup sederhana ini diawali dengan sambutan Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.S., M.M. kepada seluruh yang hadir pada doa keselamatan tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Taman Budaya Jawa Timur mengatakan, hendaknya jalinan kerjasama antara seniman Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini dilaksanakan di Disbudpar Jatim UPT. Taman Budaya terus dijalin. Dengan terus dijalinnya hubungan yang seperti sekarang keseimbangan kemajuan kesenian di Jawa Timur akan terus berjalan. Sebagaimana amanat yang tercantum dalam Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Para seniman yang telah lolos seleksi sebagai pengisi acara di tahun 2023 diharapkan terus berkreasi, berinovasi dan berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kesenian.

Para peserta ikut menikmati tumpeng (Foto dok. TBJT)

Kepala Taman Budaya Jawa Timur tidak lupa menyampaikan ucapan selamat atas lolosnya para seniman pengisi acara untuk ikut berpartisikasi menyukseskan rangkaian acara pergelaran atau pameran seni rupa yang akan menghiasi agenda acara Di Taman Budaya Jawa Timur. Tak terkecuali harapan kepada para seniman agar tak hanya mempergelarkan atau memamerkan karya seni yang sudah ada, tetapi juga karya-karya seni ciptaan baru, inovasi, menjadi media seni sebagai sarana saling berbagi pengetahuan dan lebih utamanya pengembangan kesenian budaya di Jawa Timur.

Acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh sdr. Sanjoto Prijo Djatmiko selaku staff di Taman Budaya Jawa Timur. Dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur yang diserahkan kepada dalang Ki Johan Susilo. Juga seniman yang ditunjuk oleh Taman Budaya Jawa Timur untuk menjadi kurator seni acara pergelaran yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur sepanjang tahun 2023, Bambang Sukmo Pribadi. (djt)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.