Studi Wisata Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ke Taman Budaya Jawa Timur

Taman Budaya Jawa Timur menerima kunjungan rombongan guru dan siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia, Jumat 17 Februari 2023. Kunjungan ke Taman Budaya Jawa Timur ini diselenggarakan dalam rangka studi wisata Sekolah Indonesia Kuala Lumpur di Jawa Timur dengan tujuan lebih mengenal seni budaya yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kunjungan ini sekaligus sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur pada Desember 2022 lalu.

Dr Hudiyono, M.Si, menyambut guru dan siswa Sekolah Indonesia
Kuala Lumpur Malaysia (foto: Eed)
Foto bersama (foto: Eed)

Rombongan diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Dr Hudiyono, M.Si dan Kepala Taman Budaya Jatim Samad Widodo, S.S., M.M. beserta staf Taman Budaya Jawa Timur. Dalam sambutannya, Hudiono menyampaikan terima kasih dan mengungkapkan kekaguman atas keseriusan pihak Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dalam memberikan edukasi tentang pengenalan budaya Jawa Timur kepada para siswanya. Dari acara ini Hudiono berharap ke depan kerjasama seperti ini akan semakin erat utamanya di sektor kepariwisataan, budaya dan kesenian. Di sela-sela acara dilaksanakan pertukaran cinderamata oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan perwakilan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Tari Jejer Gandrung. (foto: Eed)

Tari Jejer Gandrung yang merupakan khas Banyuwangi menjadi sajian kesenian yang ditampilkan oleh dua orang penari, Jenk Mia dan Putri Jania yang merupakan karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Tari Jejer Gandrung sebenarnya merupakan penggalan atau sempalan dari tari Gandrung Banyuwangi, tari ini merupakan karya seniman Sumitro Hadi yang berfungsi untuk memberikan ucapan selamat datang atau untuk menyambut tamu.

Melihat karya seni dan koleksi seni Taman Budaya Jawa Timur. (Foto: Eed)

Rombongan juga berkesempatan untuk melihat karya seni dan koleksi seni Taman Budaya Jawa Timur yang dipajang di Galeri Prabangkara, melihat suasana gedung pertunjukan Cak Durasim beserta fasilitas penunjangnya, arena Teater Terbuka, Wisma Seni Dewi Sangkrah serta meninjau dan mencoba gamelan yang berada di Ruang Gamelan Sawung Sari dipandu oleh staf Taman Budaya jawa Timur. Perwakilan guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kesempatan yang diberikan kepada rombongan untuk lebih mengenal keberadaan Taman Budaya Jawa Timur dan berharap untuk dapat melakukan kunjungan kembali. (Eed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.