Ziarah Ke Makam Pahlawan Kesenian Cak Durasim

Pembacaan doa dipimpin sdr. Sanjoto Prijo Djatmiko (foto dok. tbjt)

Ziarah dalam konteks menziarahi makam seorang pahlawan yang sangat berjasa pada negara memiliki makna yang penting, apalagi bila jasa-jasa yang telah disumbangkan sang pahlawan tersebut berkontribusi besar pada momentum sebuah nilai yang menjadi penggerak kemajuan suatu bangsa yang ditinggalkannya. Tepat pada tanggal 20 Mei 1978 Taman Budaya Jawa Timur berdiri, tahun ini untuk yang ke-44 Taman Budaya Jawa Timur berulang tahun.

Momentum ulang tahun Taman Budaya Jawa Timur selalu diperingati dengan menziarahi makam seorang Pahlawan Kesenian yang sangat berjasa besar menyulut semangat perlawanan pada penjajah terutama melalui media kesenian yang dijadikannya sarana untuk membakar semangat perlawanan pada penjajah Jepang. Beliau adalah Gondo Durasim atau yang dikenal dengan Cak Durasim yang sekarang diabadikan namanya menjadi sebuah gedung pertunjukan yang megah yang dimiliki oleh Taman Budaya Jawa Timur.

Ziarah ke makam Cak Durasim dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh pimpinan dan staf Taman Budaya Jawa Timur serta beberapa seniman yang ada di Surabaya. Pelaksanaan Ziarah dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei 2022 di makam umum Tembok Surabaya tempat jenazah Cak Durasim dimakamkan.

Tabur bunga ke makam alm. Cak Durasim oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad WIdodo, S.S., M.M. diikuti oleh seluruh yang hadir (foto dok. TBJT)

Diawali dengan doa yang dibacakan oleh sdr. Sanjoto Prijo Djatmiko suasana berlangsung khusu’ dan khikmat. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.Sn., M.M. beserta sekuruh staf dan para seniman. Pelaksanaan ziarah setiap momentum perayaan ulang tahun Taman Budaya Jawa Timur seperti ini diharapkan mampu terus membangkitkan semangat dan etos kerja seluruh keluarga besar Taman Budaya Jawa Timur dan para seniman untuk terus mengabdi, melayani, melestarikan dan mengembangkan kesenian terutama yang ada di Jawa Timur agar tidak punah ditelan zaman globalisasi yang serba instan saat ini.

Ruh semangat pengabdian pada kesenian itu selalu diperbaharui dan diinstal ulang setiap kali moment ulang tahun Taman Budaya Jawa Timur terjadi dengan cara selalu menziarahi makam sang tokoh pahlawan kesenian Cak Durasim yang sampai mengorbankan jiwa raganya demi hak hidup merdeka dari penjajahan melalui media kesenian. (pri)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.