Berita

Kunjungan Studi Komparasi Taman Budaya Gunung Kidul Ke Taman Budaya Jawa Timur

Rombongan studi Komparasi Taman Budaya Gunung Kidul berfoto bersama dengan Kepala Taman Budaya Provinsi Jawa Timur Samad Widodo, S.S., M.M. /berbaju putih (foto dok. TBJT).

Surabaya, Rabu 18 Mei 2022, Taman Budaya Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan rombongan dari Taman Budaya Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DIY. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka studi komparasi dan menggali informasi soal seluk beluk Taman Budaya sebagai pusat kesenian (art centre) yang ada pada satu wilayah.

Taman Budaya Provinsi Jawa Timur yang memang menjadi salah satu barometer pusat kesenian yang ada di Indonesia sering menjadi acuan bagi Taman Budaya lain baik yang ada di Kabupaten ataupun Provinsi di Indonesia. Sarana dan prasarana yang lengkap yang dimiliki oleh Taman Budaya Jawa Timur menjadikan Taman Budaya Jawa Timur layak sebagai percontohan.

Mulai gedung pertunjukan indoor dan teater terbuka, galeri seni rupa, pendapa, wisma seni, perkantoran, tempat parkir, musholla, sarana pertunjukan baik pergelaran maupun pameran semua lengkap dimiliki oleh Taman Budaya Jawa Timur. Juga Program kegiatan yang dilaksanakan oleh Taman Budaya Jawa Timur yang mengakomodir hampir semua kegiatan seni yang ada di Jawa Timur dan dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahunnya menjadi pelajaran berharga yang bisa dijadikan acuan bagi perkembangan Taman Budaya Gunung Kidul yang berada dan sangat berkaitan erat dengan kawasan industri pariwisata yang berkembang pesat di Kabupaten Gunung Kidul.

Rombongan studi komparasi Taman Budaya Gunung Kidul sedang mempelajari soal sebuah gedung prosenium yang standard untuk sebuah pergelaran yang layak dipertontonkan bagi khalayak yang semuanya ada di Gedung Kesenian Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur (foto dok. TBJT)

Rombongan studi komparasi dari Taman Budaya Gunung Kidul terdiri dari 32 orang. Kepala Taman Budaya Provinsi Jawa Timur mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan rombongan Taman Budaya Gunung Kidul ke Taman Budaya Jawa Timur dimana  disampaikan juga semoga kegiatan studi komparasi ini dapat menambah ilmu, juga pengetahuan dan nantinya bisa diterapkan di Taman Budaya Kabupaten Gunung Kidul sehingga lebih memberikan manfaat ke depannya bagi kemajuan kesenian khususnya di kabupaten Gunung Kidul.

Sementara sambutan dari Kepala Taman Budaya Gunung Kidul adalah ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada seluruh keluarga besar Taman Budaya Jawa Timur yang telah dengan ramah dan terbuka menyambut kedatangan rombongan studi komparasi dari Taman Budaya Gunung Kidul. Kepala Taman Budaya Gunung Kidul berharap semoga ilmu yang didapatkan dari studi banding ke Taman Budaya Jawa Timur ini sangat berguna bagi kemajuan Taman Budaya Gunung Kidul yang baru berdiri kurang satu tahun ini.

Selesai dengan sesi tanya jawab di ruang rapat Taman Budaya Jawa Timur acara dilanjutkan dengan observasi secara langsung  ke lapangan. Melihat dan mengenal langsung semua sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Taman Budaya Provinsi Jawa Timur sebagai sarana pendukung bagi pemajuan Kesenian yang ada di Jawa Timur. (spd)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.