Berita

Ziarah Ke Makam WR. Soepratman, Awali Program Kegiatan “Gelar Komposer Jawa Timur 2022”

Pencanangan Hari Musik Nasional pada tanggal 9 Maret tidak bisa dilepaskan dari perjalanan hidup WR. Soepratman. Karena pada tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran Pahlawan Nasional pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tepatnya 9 Maret 1903 WR. Soepratman dilahirkan, Kemudian Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 menetapkan bahwa tanggal 9 Maret menjadi peringatan Hari Musik Nasional. Peringatan tanggal 9 Maret sebagai hari musik sebenarnya sudah diawali oleh Taman Budaya Provinsi Jawa Timur beserta para seniman musik pada tahun 2012 yang pada waktu itu bertepatan dengan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jatim yakni “Surabaya Full Music”.

Kepala Taman Budaya Jawa Timur sedang menaburkan bunga ke pusara Pahlawan Nasional WR. Soepratman (foto dok. TBJT)

Peringatan hari musik tahun ini Taman Budaya menyelenggarakan program kegiatan yakni “Gelar Komposer Jawa Timur 2022” yang berlangsung mulai 9 – 12 Maret 2022. Mengawali Kegiatan tersebut sekaligus mengenang kepahlawanan WR. Soepratman, Kepala UPT. Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.Sos., M.M. beserta para seniman musik melakukan ziarah ke makam WR. Soepratman yang ada di jalan Kenjeran Rangkah Surabaya.

Lantunan doa dan taburan bunga ke atas makam WR. Soepratman berlangsung hikmat dan sakral, apalagi ketika dua musisi cilik asal surabaya yakni Tegar seorang anak penyandang tuna netra yang piawai memainkan piano, serta Geraldine yang memainkan biola berkolaborasi memainkan sebuah lagu yang bertemakan persatuan nasional melalui musik.

Tegar dan Geraldine, musisi cilik Surabaya yang ikut serta memainkan lagu bertemakan nasionalisme pada prosesi ziarah (foto dok. TBJT)

Musik itu bersifat multidimensional yang mampu merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Diharapkan peringatan Hari Musik Nasional yang sudah diperingati untuk yang ke-10 kalinya ini semakin meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan motivasi insan musik Indonesia, dan untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional. (sp)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.