Lupa Dengan Teman Ketika Sudah Sukses

Foto dok TBJT.

Ada pepatah mengatakan “Orang yang memandang rendah orang lain, tidak akan pernah membuatnya menjadi tinggi, yang ada justru membuatnya makin terhina.” Pepatah itu biasanya terjadi ketika sebuah pertemanan yang dahulunya karib kemudian menjadi renggang karena kesuksesan seorang teman yang menganggap dirinya kaya. Sindiran-sindiranpun tidak mempan untuk menyadarkan teman yang lupa diri tersebut.

Kisah seperti itu coba diangkat oleh grup dagelan Putra Taman Hira yang pentas di ruang Sawunggaling hall Taman Budaya Jatim pada 5 November 2021. Dikemas dalam bentuk dagelan ala ludrukan dengan kidungan di awal kemudian disambung dengan cerita dengan judul “Lali Konco”.

Vicky, Rizky, Adi dan Reza pada awalnya adalah empat sahabat karib, pertemanan mereka sudah seperti saudara sendiri. Ketika salah satu diantara mereka menjadi sukses maka pecah persahabatan itu. Reza yang sudah mapan secara ekonomi berlagak sombong, merendahkan martabat temannya yang lain. Bahkan sampai mengusir mereka ketika bertandang ke rumah Reza.

Foto dok TBJT.

Tentu saja tiga temannya menjadi sakit hati atas perubahan sikap Reza, maka dikerjailah reza dengan cara diporotin duitnya lewat tanggapan kesenian yang mengakibatkan pemainnya pura-pura meninggal. Ada yang jadi pemain jaranan adapula yang menjadi penari remo. Keduanya berpura-pura meninggal. Duit Reza dikuras oleh tiga temannya dengan akal bulus mereka sampai kehabisan uang tunai.

Reza meminta izin untuk mengambil uang cash di ATM, ketika akan kembali ke rumahnya taulah bahwa dia dikerjai oleh tiga temannya. Duit bayaran main diambil kembali oleh Reza. Ketiga temannyapun akhirnya memngingatkan Reza agar dalam pertemanan itu tidak lupa pada sahabat ketika sudah sukses. Reza akhirnya menyadari kesalahannya dan meminta maaf.

Para pemain Putra Taman Hira rata-rata masih berusia muda, mereka adalah anak-anak eks para seniman yang biasa mengisi hiburan di Taman Hiburan Rakyat Surabaya. Hira merupakan kependekan dari Hiburan Rakyat. Para personil yang menggawangi grup ini adalah, Vicky Veka, Rizky Jolali, Adi Jo Takrip dan Reza. (spd)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.