Berita

Pameran Lukisan/Painting Exhibition “Colour Streaks”

Di dunia seni lukis, cara penyampaian sudut pandang mengenai realitas obyek lukisan cenderung  berbeda antara pelukis pria dan wanita. Wanita sendiri seperti yang kita ketahui cenderung lebih sering menggunakan komunikasi non verbal dalam mengekspresikan perasaannya. Maka dari itu, di dalam pembuatan karya seni tentunya pelukis wanita memiliki kekayaan bahasa non verbal yang lebih banyak dan kekhasan tersendiri dibandingkan pelukis laki-laki. Taman Budaya Jawa Timur bersama komunitas Perupa Wanita Jawa Timur (PERWAJATI) menyelenggarakan Pameran Lukisan/Painting Exhibition yang dilaksanakan pada 1-8 Agustus 2023, berlangsung mulai dari jam 10.00 – 22.00 wib.

Pemberian piagam penghargaan oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur kepada salah satu peserta pameran (Foto dok. TBJT)

Acara dibuka oleh Kepala Taman Budaya Jawa Timur Ali Ma’ruf, S.Sos., M.M. Bertindak selaku kurator adalah Agus Koecink. Dalam sambutan pembukaannya Ali Ma’ruf mengatakan, Taman Budaya sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur diharapakan mampu menjadi Art Centre Jawa Timur, terutama sebagai fasilitator aktifitas berkesenian, baik untuk berolah seni pameran maupun pertunjukan, dengan senantiasa secara konsisten menyelenggarakan acara yang berbasis kesenian untuk menjadi wadah karya-karya terbaik dari seniman Jawa Timur yang ideal dan representatif.

Galeri Prabangkara sebagai lokasi pameran adalah bentuk akulturasi rasa yang disengaja dipertemukan dari dalam makna sang perupa dengan rasa penikmat agar terjadi dialog yang membangununtuk saling melengkapi dan menjunjung tinggi keilmuandalam mengapresiasi seni lukisan ini. Pameran lukisan ini merupakan karya-karya terbaik dari para seniman perupa wanita Jawa Timur, dengan mengambil judul “COLOUR STREAKS” maka dapat diartikan bahwa dengan pameran ini semoga dapat mewarnai perkembangan seni rupa di Jawa Timur dan dapat menginspirasi generasi muda yang menyukai seni lukis atau seni rupa. Ali Ma’ruf berharap masyarakat  mengapresiasi dan partisipasi dalam setiap sajian karya yang diselenggarakan Taman Budaya.

Kepala Taman Budaya Jatim sedang mengapresiasi salah satu karya lukisan di dampingi pelukis dan kurator (Foto dok. TBJT)

Sementara Agus Koecink selaku kurator memberikan statement bahwa Taman Budaya di tahun 2023 ini di program yang kedua di bidang seni rupa mencoba memamerkan karya-karya Perupa Perempuan Jawa Timur mulai dari Kediri, Sidoarjo, Batu, Probolinggo, Tuban, Surabaya, Mojokerto dan lainnya. Agus Koecink selaku kurator mencoba melihat perkembangan seni rupa di Jawa Timur sekarang, dimana sebelumnya lebih banyak dominasi laki-laki sebagai perupa, padahal perupa wanita juga punya peran. Di tahun-tahun 2000-an ada komunitas perupa perempuan “Bra” yang mencoba memunculkan feminisme, ada juga Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI), Perempuan Pengkaji Seni dll. Maka sekarang perkembangan seni rupa yang berhubungan dengan perempuan semakin bisa kita lihat, dimana mereka mau menunjukkan eksistensinya dibidang seni. Menariknya dari mereka semua berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, ada yang berlatar belakang guru, ada yang memang perupa dll. Ini menunjukkan tetap adanya survival dari para pelukis perempuan ini bahwa mereka mau menunjukkan aktualisasi dirinya lewat karya seni lukis. Tahun ini Taman Budaya memfasilitasi dan memamerkan karya-karya mereka itu untuk diapresiasi oleh masyarakat.

Foto bersama para peserta, kurator dan Kepala Taman Budaya Jatim beserta jajarannya (Foto dok. TBJT)

Para peserta pelukis wanita yang ikut pameran diantaranya: Hesti Setyowati (Sidoarjo)), Aliet (Surabaya), Dewi Ulan Tina (Surabaya), Nesti Setyowati (Sidoarjo), Nike Lestari (Tuban), Indah Sari (Probolinggo), Anienx (Surabaya), Anny Djon (Sidoarjo), Jeng Upik (Surabaya), Devina Anggraeni (Surabaya), Kurnia Yunita T. (Surabaya), Ary Indrastuti (Surabaya), Irdina Larasanti (Surabaya), Paulina Soesri H. (Sidoarjo), Noery Dyaz (Sidoarjo), Ellys NS (Sidoarjo), Ucik Retnoasih (Kediri, Maria Nofita (Sidoarjo), Lian M. Margareta (Kediri) Sherlita AR (Malang(, Nova Christiana (Surabaya). (sn)    

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.