Gelar Komposer 2022

Bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional tahun 2022 Taman Budaya Provinsi Jawa Timur menggelar acara Gelar Komposer 2022. Acara diselenggarakan di Gedung Kesenian Cak Durasim mulai 9 – 12 Maret 2022. Dibuka oleh Kepala UPT Taman Budaya Samad Widodo, S.S., M.M. yang mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata provinsi jawa Timur yang berhalangan Hadir. Tema yang diusung pada gelar komposer ini yakni “Lokalitas dan Perspektif”. Diawali dengan Ziarah dan tabur bunga ke makam Pahlawan Nasional WR. Soepratman yang dipimpin langsung oleh Kepala Taman Budaya bersama dengan para seniman.

Ada 6 penyaji utama yang mengisi materi pergelaran, diantaranya: Yuddan Fijar Sugma Timur dari Bondowoso menampilkan karya berjudul “Mojhi”, Eko Kasmo dari Tuban menampilkan 2 karya berjudul “Lekas Semuh” dan “Surati”, Pungky Hartono dari Banyuwangi menampilkan karya dengan judul “Jenggirate lare Osing”. Kemudian dilanjutkan dengan Willyday Onamlay dari Malang dengan menampilkan reportoar, “Buka Suwemburat III”, “Latnugn Itsug I”, “Latnugn Itsugn II”, “Suwuk Trocoh”. Penampil kedua Marda Putra dari Surabaya dengan judul karya “PandemiPandemi”. Dan puncak acara sekaligus penutup rentetan acara Gelar Komposer 2022 diisi oleh Purwanto dengan komunitas Vertigongnya dari Yogyakarta, menampilkan 4 komposisi jazz etnik dengan judul: “Over Head”, “Terarus”, “Moe” dan “Vertigong”.

Pada pembukaan tampil 3 performer yakni: Kukuh Setyo Budi dengan Acapella Jula Juli Cangkeman, Iwan Kidung Kelana dan Unesa Symphony Orchestra. Dan pada sela-sela jeda pergantian penampil diisi oleh Subiantoro dan Purbandari. Subiantoro dengan 2 reportoar yakni: “Temangan Pelog Temor” pada pergantian pertama dan “Ranginan Jidoran” pada pergantian kedua di hari ketiga. Sementara Purbandari membawakan dua reportoar di dua jeda pada hari keempat dengan mengusung judul yang sama yakni : “Ngidung”.

Bertindak selaku Kurator pada Gelar Komposer 2022 ini adalah: Joko Winarko, M.Sn. dosen jurusan musik di Universitas Negeri Surabaya, Suwandi Widianto, M.Sn. dosen jurusan musik di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta dan Bambang Sukmo Pribadi praktisi musik tradisi senior Jawa Timur. (sn)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.