Kunjungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya Kabupaten Kediri ke Taman Budaya Jawa Timur

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah forum atau wadah yang memfasilitasi berkumpulnya guru mata pelajaran yang sama untuk mengembangkan profesionalitas kerja. Guru-guru yang bisa tergabung dalam MGMP adalah guru SMP/SMPLB atau sederajat, SMA/SMALB atau sederajat, dan SMK atau sederajat. Dalam rangka peningkatan kompetensi dan profesionalisme pada guru seni budaya, mereka yang tergabung dalam MGMP Seni Budaya Kabupaten Kediri mengadakan kunjungan ke Taman Budaya Jawa Timur.

Penyerahan cinderamata oleh perwakilan MGMP Seni Budaya Kab. Kediri kepada Kepala Taman Budaya Jawa Timur Samad Widodo, S.S., M.M. (Foto dok. TBJT)

Kunjungan dilaksanakan pada Jum’at, 18 November 2022, disambut oleh pimpinan dan staff Taman Budaya Jawa Timur. Rombongan berjumlah 12 orang yang masing-masing adalah para guru mata pelajaran seni budaya di daerah Kabupaten Kediri. Maksud dan tujuan utama para guru yang tergabung dalam MGMP Seni Budaya Kabupaten Kediri tersebut adalah Memperluas wawasan dan pengetahuan mereka terutama persoalan menejemen kesenian yang nantinya diadaptasi dan dikembangkan terutama bagi kemajuan seni dan budaya di daerah mereka.

Dengan mengusung tema “Study Tiru Seni Budaya” mereka bermaksud belajar secara langsung tentang seluk beluk menejemen kesenian yang menjadi tugas pokok dan fungsi Taman Budaya Jawa Timur. Salah satu yag menjadi fokus kajian adalah menejemen pemanggungan seni pertunjukan dan menejemen penyelenggaraan pameran seni rupa. Para guru yang tergabung dalam MGMP Seni Budaya Kabupaten Kediri dipandu oleh petugas dari Taman Budaya Jawa TImur berkesempatan mengunjungi semua fasilitas yang dipunyai Taman Budaya sebagai sarana penunjang terselenggaranya pergelaran ataupun pameran seni rupa.

Foto bersama (Foto dok. TBJT)

Mulai Galeri Prabangkara, ruang gamelan, panggung terbuka, ruang rias artis, wisma seni dan yang terakhir Gedung Kesenian Cak Durasim. Kebetulan sedang diselenggarakan gladi bersih Parade Teater Jawa Timur 2022 di Gedung Cak Durasim, sehingga mereka bisa belajar langsung tentang bagaimana memenej penonton, tata lampu, tata artistik, dan bentuk publikasi yang menarik yang bisa mendatangkan apresiator.

Untuk lebih memperkuat pemahaman tentang menejemen seni pertunjukan, para guru MGMP Seni Budaya Kabupaten Kediri akan menyempatkan menonton secara langsung Parade Teater Jawa Timur 2022 yang diselenggarakan pada malam harinya. Hal itu dimaksudkan agar lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional yang bisa diterapkan sebagai upaya pengembangan mata pelajaran Seni Budaya di sekolah masing-masing atau bisa juga di kalangan masyarakat seputar Sekolah atau bahkan di lingkup Kabupaten Kediri. (pr)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.