Berita

Musyawarah Daerah Persatuan Pedalangan Indonesia (Musda Pepadi) Jatim 2021

Persatuan Padalangan Indonesia (Pepadi) Provinsi jawa Timur menggelar acara Musyawarah Daerah (Musda) tahun 2021 di Gedung Kesenian Cak Durasim UPT. Taman Budaya Jawa Timur pada Selasa-Rabu (14-15/12/2021). Acara tersebut dihadiri oleh Kadisbudpar Prov. Jatim Sinarto, S.Kar., M.M., Ketua Pepadi Pusat Kondang Sutrisna, para pengurus PEPADI Provinsi Jawa Timur dan 27 kepengurusan aktif Pepadi yang ada di Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, masing-masing diwakili oleh ketuanya. Pelaksanaan kegiatan Musda diselenggarakan karena telah habisnya masa bakti kepengurusan Pepadi Jatim.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Jatim kemudian dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit padat yang dibawakan oleh Dalang Bocah dari Kabupaten Mojokerto Adik Ni Della Puspitasari, salah sartu peraih penghargaan lima (5) dalang terbaik pada Festival Dalang Bocah Jatim Tahun 2021. Lakon yang ditampilkan Kidung Ambarwati.

Formatur yang ditunjuk untuk menentukan calon ketua Pepadi Jatim masa bakti 2022-2027. (foto dok. tbjt)

Pada hari kedua sebelum dimulainya sidang pengurus Pepadi Jatim ada pengarahan dari dua orang narasumber yang diundang untuk memberikan materi tentang perkembangan dunia pedalangan saat ini kepada para pengurus pepadi yang hadir. Pertama Prof. Dr. Djoko Saryono, materi: Tantangan Dunia Pedalangan Ke Depan, kedua Kukuh Setyo Budi, S.E., M.M., dengan materi: Digitalisasi Dunia Pedalangan.

Setelah pengarahan dari narasumber selesai dilanjutkan dengan sidang sementara yang dipimpin oleh Bpk. Sudarmono, Bpk. Abdul Ro’uf dan Bpk. Soedi Wibowo Dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban pengurus Pepadi Jatim periode 2016-2021. Dan Secara aklamasi diputuskan bahwa kepengurusan Pepadi jatim periode 2016-2021 Demisioner. Kemudian ditunjuk lima (5) orang formatur yang akan menentukan calon ketua baru pada keperngurusan Pepadi Jatim periode 2022-2027. Kelima orang orang formatur yang ditunjuk adalah: Bpk. Sudarmono, Bpk. Abdul Ro’uf, Bpk. Soedi Wibowo,  Bpk. Ardi Purbo Antono dan Bpk. Puguh Prasetyo.

Ki Bambang Tri bawono dalang asal Kab. Blitar, menutup seluruh rangkaian Musda Pepadi jatim 2021. (foto dok. tbjt.)

Secara aklamasi diputuskan bahwa yang ditunjuk sebagai Ketua Pepadi Jatim Periode 2022-2027 adalah Sinarto, S.Kar., M.M. yang juga ketua sebelumnya sekaligus sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Penunjukan kembali secara aklamasi Sinarto S.Kar., M.M. sebagai ketua kembali, mengingat belum ada calon baru yang mampu menjabat dan karena posisinya yang merangkap sebagai Kadisbudpar Prov. Jatim lebih memudahkan jalinan kerjasama dengan pemerintah dalam upaya pembinaan kepada para dalang dan seluruh anggota Pepadi di Jawa Timur, sebagaimana termaktub dalam dasar hukum yakni Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Setelah penutupan Musda Pepadi Jatim 2021 acara diakhiri dengan Pergelaran Wayang Kulit Padat bersama Dalang Ki Bambang Tri Bawono dari Kabupaten Blitar dengan mengambil lakon Ismoyo Laku. (djt)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.