Pameran Lukisan “Menggambar Kreatif”

Hari Menggambar Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei yang bertepatan juga dengan Hari Pendidikan Nasional. Menurut Forum Drawing Indonesia, meskipun Pendidikan Seni Lukis di sekolah saat ini bukan skala prioritas utama dalam Pendidikan Nasional, bahkan seringkali diabaikan. Namun banyak yang tidak memahami bahwa menggambar itu menjadi ibu dari Pendidikan dasar.

Foto dok. TBJT

Nasional terjadi dalam satu hari adalah satu sinergi positif saling melengkapi. Sederhananya sebelum mengetahui sebuah nama benda atau bentuk, gambar lebih bisa berbicara dan menjelaskan lebih banyak apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan dan apa yang diinginkan.Jadi bukan berarti tidak ada pilihan tanggal lain untuk Hari Menggambar Nasional, namun berharap antara hari Pendidikan Nasional dan Hari Menggambar

Untuk memperingati Hari Menggambar nasional, Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati) yang merupakan sebuah komunitas yang menaungi seluruh perupa dari berbagai daerah di Jawa Timur, bekerjasama dengan Taman Budaya Jawa Timur menyelenggarakan Pemeran Lukisan yang mengambil tajuk “Menggambar Kreatif” yang diselenggarakan di Galeri Prabangkara Taman Budaya Jatim pada 13 s/d. 19 Mei 2024. Diikuti oleh kurang lebih 40 orang perupa dari berbagai daerah di Jawa Timur dengan memamerkan beberapa aliran lukisan yang dipajang di Galeri Prabangkara.

Foto dok. TBJT

Koperjati berdiri sejak 23 tahun yang lalu, Koperjati sendiri merupakan pengembangan atau pelebaran sayap dari Komunitas Seni Rupa Muda Surabaya (Kosmubaya) yang berdiri lebih dulu. Saat ini Koperjati dipimpin oleh Saiful Mujib. Koperjati adalah sebuah komunitas perupa Jawa Timur yang mengakomodir para perupa Jawa Timur untuk bisa mengembangkan kreasi, kreativitasnya dengan berpameran di Surabaya dan Indonesia.

Sudah berkali-kali Koperjati mengadakan pameran seni rupa baik di Surabaya maupun di kota-kota seluruh Jawa Timur. Selain mengadakan even pameran, Koperjati juga tak sedikit mengadakan even seperti diskusi seni rupa atau melukis bersama yang diikuti oleh puluhan anggotanya. Kegiatan melukis bersama itu kerap diadakan di berbagai tempat, seperti di gedung kesenian, cafe, hotel maupun tempat-tempat lain di Surabaya. Selain itu mereka juga kerap menyewa model untuk acara lukis model dan pergi ke daerah-daerah tertentu untuk melukis landscape secara bersama-sama. Hal ini dimaksudkan selain untuk mengasah ketrampilan para anggotanya juga silaturahmi antar anggotanya. (sn)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.