Berita

Pameran Wayang Dan Lukisan Wayang

Taman Budaya Jawa Timur sebagai penyelenggara Pekan Wayang Jawa Timur 2023, tidak hanya menggelar pertunjukan wayang saja, tetapi juga mengadakan pameran wayang yang diselenggarakan di Galeri Prabangkara. Materi yang dipamerkan tidak hanya karya seni rupa wayang tetapi juga lukisan wayang. Pameran berlangsung mulai 5 – 24 November 2023.

Kunjungan Kepala Taman Budaya jatim dan Ketua PEPADI Jatim di lokasi pameran (Foto dok. TBJT)

Wayang sendiri merupakan bentuk kesenian yang menliputi drama, sastra, musik, tari, dan seni rupa. Di samping multi seni, wayang juga dipandang sebagai multi dimensi, karena selain estetis, juga mengandung muatan filosofis, makna simbolis, sebagai gambaran kehidupan manusia, bertalian dengan etika dan pesan moral, serta keteladanan. Sebagai bagian dari kebudayaan Nusantara yang hidup sejak ratusan tahun yang lalu dan mendapat pengakuan dunia, perlu kiranya nilai-nilai yang terdapat di dalamnya diwariskan ke generasi muda.

Pengenalan terhadap wayang, khususnya bentuk wayang kulit purwa sebagai karya seni rupa, kiranya merupakan langkah penting dalam menanamkan apresiasi seni terhadap wayang. Sebagai karya seni rupa, wayang kulit purwa memiliki bentuk unik, berkembang dari zaman ke zaman, namun tetap karakteristik. Sejumlah tokoh dengan wataknya masing-masing, tergambarkan dengan jelas dalam balutan ceritera yang bersumber dari wiracarita Mahabharata dan Ramayana.

Beberapa karya lukisan wayang senimanGerakan Perupa Antar Kota (GePrAK) (Foto dok. TBJT)

Mengapresiasi keindahan wayang kulit yang ditatah tembus dan disungging dengan warna yang sangat indah merupakan nilai estetik yang bisa menjadi pelajaran berharga dalam dunia kesenirupaan. Pameran ini terselenggara berkat kerjasama Taman Budaya jawa Timur dan Sanggar Wayang Gogon (SAWAGO) Surakarta dan Gerakan Perupa Antar Kota (GePrAK) yang diketuai oleh Welldo Wnopringgo. (pr)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.