Sarasehan Seni Budaya 2022

Jum’at, 11 Februari 2022, Taman Budaya Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Sarasehan Seni Budaya 2021 di Gedung Kesenian Cak Durasim jl. Gentengkali 85 Suarabaya. Sarasehan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh kurang lebih 30 peserta dari Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Materi sarasehan lebih menekankan pada persoalan pembekalan kepada para calon pengisi acara pergelaran dagelan yang diselenggarakan oleh Taman Budaya jatim.

Dalam sambutannya Kadisbudpar Jatim mengatakan bahwa perjalanan Taman Budaya dalam membuat acara dagelin online (dageline) selama dua tahun masih perlu diadakannya pendampingan pembekalan oleh para pendamping yang kompeten dibidangnya, agar kualitas pertunjukan para peserta semakin bagus, karena persaingan dionline yang semakin banyak bahkan lebih besar persaingannya daripada pertunjukan langsung, sehingga perlu diperlukan trik-trik khusus untuk menghadapi persaingan tayangan online yang semakin ketat persaingannya itu. Diharapkan dengan dengan diadakannya sarasehan ini para pelaku seni khususnya dagelan akan semakin memahami peluang dan kesempatan baru di wilayah digital, virtual dan online akan menjadi sebuah keniscayaan.

Bertindak sebagai narasumber pada sarasehan adalah, Eko Santosa alias Eko Ompong Widyaiswara di Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni Budaya (d/h PPPPTK Seni dan Budaya) dan Whani Darmawan aktor kelahiran Yogyakarta setengah abad silam. Pemenang piala Citra FFI 2019 kategori Pemeran Pembantu Pria Terbaik lewat film Garin Nugroho yang berjudul “Kucumbu Tubuh Indahku” dan bertindak selaku moderator Edy Sudibyo Penggiat Seni Budaya Surabaya.

Acara berlangsung satu hari dimulai pada jam 07.00 wib dan selesai pada 20.30 wib. Diharapkan dari terselenggaranya acara ini para peserta mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan tentang teknik membuat konten yang menarik dan berkualitas menjadi dasar yang paling penting dalam menggaet banyak penonton.

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.