Berita

Workshop Tari Kontemporer

Jelang Gelar Komposer 2022 yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur pada 5-6 Agustus 2022, diadakan workshop tari yang dinarasumberi oleh Agus Mbendol dari Surakarta seorang koreografer yang juga pengisi sebagai tamu pada Gelar Komposer 2022. Workshop tari dilaksanakan di Sawunggaling hall pada Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 15.00-17.00 wib. Peserta yang mengikuti workshop tersebut yakni semua koreografer pengisi acara Gelar Koreografer 2022 yang telah lolos seleksi yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur sebelumnya beserta seluruh crew pendukung masing-masing koreografer dan juga beberapa peserta dari luar, kurang lebih 20 peserta.

Foto dok. TBJT

Materi yang diberikan oleh Agus Mbendol lebih pada bentuk sharing pengalaman seputar teknik konsentrasi, pernafasan dan pengendalian otot tubuh agar lebih nyaman ketika seorang penari melakukan gerakan-gerakan tari yang cukup banyak mebutuhkan energi ketika sedang menari. Terutama pada tari kontemporer yang lebih banyak mengandalkan performance tubuh dan konsentrasi agar tarian menjadi lebih bagus dan tidak gampang lelah sehingga tidak kedodoran apalagi bila durasi tarian cukup lama.

Agus Mbendol  yang punya inisial asli Agus Margiyanto pernah aktif sebagai anggota dan aktor dalam kelompok Teater Ruang Solo pada tahun 1997 sampai 2002. Secara spesifik, Agus mempelajari koreografi di Jurusan Tari Institut Seni Indonesia Surakarta. Ia pernah terlibat bersama dengan sejumlah seniman lainnya seperti Suprapto Suryodarmo, Deddy Lutha, Ely Luthan, Eko Supriyanto, Melati Suryodarmo, Jarot B. Darsono, Fajar Satriadi, Slamet Gundono, S Pamardi, Atilah Soeryadjaya hingga Sutradara Film Garin Nugroho.

Foto dok. TBJT

Tak hanya itu, Agus juga pernah berkolaborasi dengan beberapa koreografer seniman muda lainnya. Ia terlibat dalam pendirian sebuah ruang seni gerak tubuh, komunitas Independent Expression Solo.

Pada Gelar Koreografer 2022 kali ini Agus tampil sebagai bintang tamu yang menampilkan reportoar tari berjudul “Anjasmara”. Tampil di hari pertama pada urutan terakhir di Gedung Kesenian Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur. (sn)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.