Precil Cs. Angkat Cerita Covid Dalam Pertunjukan Dageline

Situasi pandemi covid-19 masih menjadi trending cerita dalam setiap pertunjukan dageline (dagelan online) yang disiarkan melalui chanel Youtube Cak Durasim. Kali ini giliran grup dagelan Precil cs. Yang mengisi acara Youtube Cak Durasim milik Taman Budaya yang disiarkan pada 25 Februari 2021. Pengambilan gambar berlangsung di Pendapa Jayengrana Taman Budaya Jatim.

Precil, Kuntet dan pemain cilik Wisnu dalam sebuah adegan. (Foto dok./TBJT)

Para personil yang mengawaki kelompok dagelan Precil Cs. Diantaranya Precil, Hengki, Kuntet, David dan pemain cilik Wisnu. Sosok Wisnu menjadi daya tarik tersendiri pada pertunjukan dageline, masih usia SMP tapi punya keahlian lumayan untuk menjadi seorang artis lawak. Pandai mengidung dan menari sehingga membuat pelawak Percil tertarik untuk merekrut masuk ke Grup miliknya. Bocah asal Jombang itu memang luar biasa bakatnya, menurut Percil perekrutan Wisnu masuk ke grup dagelan yang digawanginya bermaksud untuk tujuan kaderisasi.

Zaman sekarang sulit mencari orang yang berbakat menjadi pelawak, apalagi pada usia yang masih bocah. Precil berharap kemampuan Wisnu terus terasah melalui berbagai pertunjukan yang sudah digelutinya. Sedikit banyak Wisnu sudah mampu mencari uang jajan sendiri sekalian bantu-bantu pemghasilan orang tuanya.

Grup Dagelan Precil Cs. berfoto bersama dengan Kepala Taman Budaya Jatim Agus Ramajanto, S.Sos., M.M. (Foto dok. TBJT)

Grup Dagelan Precil Cs. Mengusung cerita “Covid” pada pertunjukannya, Isi cerita pada dagelan Precil Cs. Sebenarnya sederhana saja. Berkisah tentang pelarian seorang pasien Rumah sakit Jiwa yang berlagak seorang Dokter kemudian mengerjai precil dan Kuntet. Jok-Jok lucu terjadi dalam dialog antara pasien Gila yang diperankan Hengki dalam mengerjai Precil dan Kuntet. Persoalan Covid yang menjadi momok menakutkan dikemas menjadi dialog humor segar yang mampu mengocok perut penonton yang menyaksikan.

Pesan moral yang ingin disampaikan oleh Precil sebagai ketua grup yakni hendaklah kepatuhan pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah terus dijaga, hindari kerumunan massa dan tetap dirumah sepanajang tidak ada keperluan yang amat penting. (san)

Seksi Dokumentasi Publikasi

Staff Pada Seksi Dokumentasi Dan Publikasi UPT Taman Budaya Provinsi Jawa Timur, Jabatan Pelaksana : Penyusun Bahan Publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.